UIN Gelar Workshop Universitas Bangun Desa

foto by. ar-raniry.ac.id


MahasiswaAceh.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melaksanakan workshop desain program universitas membangun desa, kegiatan tersebut berlangsung 12-13 Agustus 2016 yang dipusatkan di kantor Kecamatan Arongan Lambalek Aceh Barat.

Tim dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang hadir adalah Prof. Eka Srimulyani, Dr. Inayatillah, Jakfar Puteh, M.Pd, Lukman Hakim, M.Pd, Rasyidah, M.Pd, Dr. Analiansyah, Dr. T. Zulfikar, Nurul Fakriah, M.Arch, Cut Dian Fitri, M.Si.Ak.CA, Amrullah, LLM dan Dr. Abdul Rani Usman, M.Si.

Terkait hal tersebut, Prof Eka mengatakan, program itu dilakukan dilatarbelakangi dengan melihat persoalan kemiskinan yang sangat serius untuk provinsi Aceh saat ini, anomaly yang terjadi di Aceh uang dana pembangunan bertambah melalui dana otonomi khusus, namun pada saat yang sama angka kemiskinan terus bertambah.

“Kegiatan universitas membangun desa yang diajukan UIN Ar-Raniry ini merupakan kegiatan integrasi antara penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi ujung tombaknya nanti pada kegiatan kuliah pengabdian masyarakat (KPM) yang rutin dilaksanakan UIN Ar-raniry,” ujarnya.

Prof Eka mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di kecamatan Arongan Lambalek sebagai pilot project dan diharapkan dapat dilaksanakan di wilayah-wilayah lain di Aceh dengan menggunakan pendekatan sesuai dengan konteks setempat. (ar-raniry.ac.id)