Mahasiswa Jangan Gaptek, Lakukan 5 Skill Ini

Gaptek atau gagap teknologi mungkin masih bisa dimaklumi jika disampaikan 10 sampai 15 tahun yang lalu. Tapi TIDAK untuk sekarang. Menjadi gaptek di era digital hanya akan membuat kita tampak aneh di hadapan kecanggihan teknologi.

foto: tanpaakhir.wordpress.com
Berikut ini beberapa skill atau keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh mahasiswa yang hidup di era digital seperti sekarang ini. Bukan hanya agar anda tampak keren dan melek teknologi, tapi juga menjadi nilai lebih bagi anda terutama yang tidak kuliah pada jurusan seputar Komputer dan Teknologi Informasi. Apa saja keterampilan dasar itu? Simak uraiannya di bawah ini.

Skills 1 : Menguasai Microsoft Office. Ada yang masih belum bisa memakai Ms. Excel atau Ms. Powerpoint? Mudah-mudahan tidak ada. Jika ada, terlalu! Kalau cuma Ms. Word, anak SD juga sudah banyak yang bisa.

Harus diakui, Ms. Office (terutama Word, Excel dan Powerpoint) memang merupakan salah satu teknologi aplikatif dunia modern yang membuat jutaan pekerja kantoran terbantu. Tanpa ketrampilan MS Office yang baik, mereka termasuk anda dan saya tak akan pernah bisa menyelesaikan pekerjaan dengan efektif.

Skills 2 : Mengerti tentang Cloud Computing. Semoga Anda semua sudah tahu apa itu istilah Cloud Computing yang saya maksud. Cloud artinya awan sedangkan computing dapat diartikan sebagai proses komputasi atau pengimpanan data. Maka Cloud Computing atau Komputasi Awan dapat dimaknai sebagai proses penyimpanan data, baik teks, gambar, software, audio maupun video kita pada penyedia server. Data tersebut dapat kita unduh atau kita kirimkan kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.

Ada banyak penyedia layanan penyimpanan data di server mereka, baik itu gratis atau berbayar. Beberapa di antaranya seperti Box, Dropbox atau iCloud atau Amazon Cloud Services.
Mengapa keterampilan ini penting? Sebab ini menjadi salah satu antisipasi saat file di laptop kita corrupt, atau flashdisk tempat kita menyimpan data hilang entah kemana. Dengan menyimpan data pada cloud storage, kita bisa setiap waktu mengakses seluruh file data kita, dimana pun kita berada, sepanjang ada koneksi internet.

Toko Buku Online Belbuk.comSkills 3 : Membuat Personal Blog. Keterampilan ini tampaknya seperti sebuah keterampilan tingkat tinggi yang hanya dikuasai oleh mereka yang kuliah atau berkecimpung di dunia komputer dan TI. Tapi sesungguhnya tidak. Semua orang bisa belajar bagaimana membangun personal blog, selama ada kemauan. Karena tutorialnya bertebaran di jagat internet. Anda tinggal Googling saja, insya Allah ketemu.

Mudah-mudahan, keterampilan ini menjadi salah satu pelajaran wajib di setiap kampus dan menjadi syarat kelulusan, apapun jurusan dan program studinya.

Skills 4 : Membangun Personal Online Branding. Di jagat internet ada banyak tools yang dapat anda gunakan untuk menaikkan Personal Brand. Ada facebook, slideshare, twitter, instagram, youtube dan ada juga LinkedIn. Dan mungkin personal blog yang kita punya.

Pertanyaannya adalah: bagaimana kita memanfaatkan semua tools tersebut untuk mempromosikan Personal Brand kita. Sehingga, jika orang membuka internet kemudian mengetikan nama anda pada bilah telusur Google, nama anda muncul di hasil pencarian Google pada halaman pertama.

Munculnya nama anda tentu harus diiringi oleh profil keterampilan dan pengalaman yang anda miliki.

Oleh sebab itu, anda harus bisa meninggalkan jejak personal brand versi digital yang kuat dan impresif. Sebab semuanya akan tercatat dalam mesin Google.

Suatu saat, jejak digital yang kuat itu barangkali akan memberikan sumbangan besar bagi perjalanan karir atau kehidupan profesional Anda.

Skills 5 : Menjadi Pembelajar Digital. Banyak di antara kita yang memanfaatkan Facebook hanya untuk haha hihi , bertemu dengan sahabat lama atau mantan pacar saat SMA. Namun ada juga yang memanfaatkannya untuk jadi arena pembelajaran yang keren dan inspiratif. Asal kita tahu, ada begitu banyak sumber ilmu yang terbentang di balik ratusan PAGE facebook.

Demikian juga Youtube. Youtube, yang sekarang telah menjadi salah satu search engine favorit di dunia, ternyata juga memiliki puluhan channel yang penuh manfaat, dan menawarkan beragam ilmu yang dapat kita pelajari dengan gratis. Ada lagi twitter, linkedIn, slideshare dan masih banyak lagi.
Dan tentu saja, kita juga bisa membaca beragam web sekedar untuk baca tips atau berita ini itu, yang sering kali tidak ada kaitannya dengan profesi dan nasib anda, atau untuk menekuni web-web yang kaya akan inpirasi dan ilmu pengetahuan.

Skills digital yang terakhir ini, insyaAllah akan membuat kita menjadi active digital learner yang bisa memanfaatkan semua medium yang ada sebagai arena pembalajaran dengan mutu yang tinggi.
Demikianlah 5 Keterampilan Dasar yang Wajib dimiliki Mahasiswa di Era Digital. Ingatlah, era digital ini terus berlari dan akan meninggalkan mereka yang hanya menjadi konsumen tanpa mencoba memanfaatkannya untuk menciptakan masa depan yang lebih indah. (infomahasiswa.com)


Semoga Postingan ini bermanfaat buat teman-teman, jangan lupa share agar banyak teman-teman yang lain tahu informasi ini.