Unsyiah dan Universitas Ryukyus Jalin Kerja Sama


MAHASISWAACEH.COM, BANDA ACEH - Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP Unsyiah) menjalin kerja sama dengan University of the Ryukyus Jepang.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Dekan FKP Unsyiah, Prof Dr Adlim MSc dengan Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik University of the Ryukyus, Prof Hideo Yamasaki PhD.

Kegiatan ini turut disaksikan Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng di Ruang Mini Rektor Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Senin (17/10/2016).

Prof Adlim mengatakan, pihaknya bersama Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknik University of the Ryukyus sepakat untuk bekerja sama pada bidang pengembangan riset dan ilmu kelautan.
Unsyiah dan Ryukyus juga sepakat untuk melakukan pertukaran publikasi, laporan dan materi akademik, pertukaran pegawai ahli, dan kerja sama penelitian.

"Kita berharap kerja sama akan berdampak positif bagi kedua belah pihak, khususnya pada pengembangan riset dan publikasi ilmiah. Suatu saat nanti kita juga akan melakukan kolaborasi riset," ucap Adlim.

Sementara itu, Prof Hideo Yamasaki mengungkapkan, University of the Ryukyus merasa sangat terhormat karena bisa menjalin kerja sama dengan Unsyiah yang kini berakreditasi A.

Hideo menilai, kedua universitas ini memiliki semangat yang sama dalam pengambangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kelautan.

"Hal itu sangat sejalan dengan cita-cita dari universitas kami yang terletak di Kepulauan Okinawa yang dikelilingi lautan," ujarnya.

Menurut Prof Hideo, saat ini University of the Ryukyus sedang berupaya menguatkan identitasnya sebagai kampus yang inovatif dan dapat merespons perubahan sosial secara fleksibel.

"Dan kami menilai Unsyiah telah melakukan hal tersebut dengan baik," ucap Prof Hideo Yamasaki.
Hadir pada kesempatan itu, selain Rektor Unsyiah adalah Junichi Tanaka PhD dan Riki Kobayshi PhD dari University of the Ryukyus.


Di pihak Unsyiah juga hadir Dr Nazamuddin MA (Wakil Rektor IV Unsyiah), Dr Mirza Irwansyah MBA MLA (Dekan Fakultas Teknik), Dr Teuku Mohamad Iqbalsyah MSc (Dekan FMIPA), dr Maimun Syukri SpPD(K) (Dekan Fakultas Kedokteran), Dr Muhammad Hambal (Dekan FKH), dan Dr Muzalin Affan MSc (Kepala Kantor Urusan Luar Negeri) Unsyiah. (serambinews.com)