Antusiasnya Buruh Hingga Mahasiswa di Malaysia Rayakan HUT RI

detik.com


MahasiswaAceh.com - WNI yang tinggal di negara tetangga, Malaysia, tidak mau ketinggalan merayakan HUT RI ke-71. Selain upacara, KBRI Kuala Lumpur dan Johor Bahru juga mengadakan lomba-lomba yang biasa diadakan di dalam negeri untuk menambah kemeriahan acara tersebut.

Acara perayaan HUT RI di KBRI Kuala Lumpur dihadiri sekitar 400 WNI yang tinggal disana. Para buruh migran Indonesia (BMI), ekspatriat, murid-murid dan para guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL), mahasiswa Indonesia dan staf KBRI Kuala Lumpur berbaur menjadi satu dalam upacara yang dimulai pukul 08.00 waktu setempat tersebut. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Dubes RI untuk Malaysia, Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno dan sebagai komandan upacara Mayor Lek Bambang Budi Prayogo. Sejak 3 tahun terakhir, KBRI Kuala Lumpur sudah mengadopsi tata laksana upacara bendera sebagaimana di Istana Negara.

Pada kesempatan tersebut Duta Besar RI Herman Prayitno menyampaikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun kepada Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur Mustafa Kamal atas pengabdiannya selama 20 tahun kepada pemerintah Indonesia. Selain itu, KBRI Kuala Lumpur juga akan menyelenggarakan Pesta Rakyat, sebuah kegiatan hiburan bagi WNI di Malaysia pada tanggal 25 September 2016 di Taman Tasik Titi Wangsa, Kuala Lumpur.

Sedangkan di KBRI Johor Bahru, ada hal unik dalam upacara HUT RI. Karena ada 9 orang pekerja migran asal Indonesia terpilih yang menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di KBRI setempat. Kesembilan orang tersebut bekerja pada sektor manufaktur diberbagai pabrik di wilayah Johor Bahru dan sekitarnya. Inspektur Upacara dalam upacara tersebut adalah Konsul Jenderal Republik Indonesia Taufiqur Rijal dan Staf Teknis Polri KJRI Johor Bahru, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wino Sumarno, sebagai komandan upacara.

Untuk memeriahkan acara, KBRI Johor Bahru juga mengadakan berbagai lomba seperti lomba makan kerupuk, lomba membawa kelereng, lomba joget jeruk, serta lomba menggambar. Diselenggarakan kegiatan olahraga antara lain pertandingan tenis meja dan bola voli.

Dalam kesempatan yang sama diberikan penganugrahan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada Konsul Jenderal RI Johor Bahru atas pengabdiannya sebagai Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. (detik)