Unsyiah Masih "Terkejut" Mendapat Akreditasi "A"

Banda Aceh, MahasiswaAceh.com - Sebuah pandangan bodoh saya menyangkut sanksi skorsing dan beberapa hal lainnya yang berlaku di unsyiah beberapa pekan terakhir.

UNSYIAH sebagai lembaga pendidikan seharusnya dapat memberikan contoh yang baik dalam pola strategi pengembangan dan pengelolaan kampus termasuk dalam pengelolaan lembaga kemahasiswaan, Memang menjadi pendidik tidaklah mudah. Menghadapi sejumlah mahasiswa dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi dan mungkin saja ‘keganjenan ideology’ adalah persoalan yang butuh kesabaran. Tapi apakah jalan otoriter dengan menjatuhkan sanksi skorsing sudah adil? dan hal ini bukanlah sesuatu yang harus dilestarikan dan bisa diterima sebagai tradisi akademik. Mahasiswa-mahasiswa itu, (seperti juga anda-anda dahulu wahai bapak-bapak dosen yang terhormat) sedang berada dalam euforia gagasan. 

Mereka sedang berada dalam gairah pencarian, dan sudah menjadi kewajiban universitas termasuk juga bapak rektor dan para dosen menjadi kompas, menuntun cara berpikir mereka. kekerasan simbolik seperti sangsi skorsing bukanlah jalan terbaik. Tentu saja bapak Rektor mahfum hal ini. Coba bapak rektor bayangkan betapa sedihnya orang tua mereka di kampung atas apa yang menimpa anak mereka. Kekecewaan dan sudah pasti kemarahan dari keluarga, cap sebagai mahasiswa gagal, akan melekat dalam diri mereka yang terkena skorsing, ujung-ujungnya rasa frustasi akan semakin membesar. apakah ini output yang diharapkan pihak akademik?

Jika sudah seperti ini, apa yang akan terjadi ? Dendam atas kampus akan semakin tebal, Universitas tak lagi menjadi ibu yang baik tapi menjadi sosok ibu yang jahat. Pandanglah para mahasiswa tersebut sebagai anak-anak zaman. Anak kandung Universitas dimana bapak dan ibu dosenlah yang menjadi orang tua mereka. 

Karena saya yakin, untuk mewujudkan Universitas bertaraf nasional hanya bisa dibangun dengan dealektika gagasan, termasuk membangun jiwa kritis di tengah mahasiswa. Tanpa kesepahaman bersama ini, sangat sulit rasanya unsyiah bisa menjadi sebuah universitas yang baru-baru ini dianugerahi akreditasi A menjadi the real jantong hate rakyat aceh bahkan di mata mahasiswanya sendiri. atau mungkin benar adanya ungkapan seorang alumni yang mengatakan Unsyiah masih "terkejut" mendapat akreditasi A pacman emotikon Pendidikan yang memanusiakan manusia dan membuat kita semakin tahu diri!


Penulis:
Yasser
Mahasiswa Teknik