5 Pekerjaan Waktu Kuliah yang Bikin Kamu Lebih Profesional Setelah Wisuda

Menjadi mahasiswa bukan berarti jauh dari kata profesional. 

Justru seharusnya di masa-masa menjadi mahasiswa, mereka mempunyai banyak waktu untuk mengasah skill dan pengalaman. 

Sehingga ketika tali toga berpindah dari kiri ke kanan (wisuda) skill dan pengalaman dengan standar profesional sudah didapatkan.

foto: soloposfm.com

Solusi yang paling bijak adalah sejak mahasiswa kamu harus sudah mulai mengasah skill profesional dibidang tertentu yang sukai. 

Sebenarnya cukup banyak bidang pekerjaan yang dapat dilakukan sejak masih berstatus mahasiswa untuk lebih cepat mengasah skill profesional. 

Berikut ini ada beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu jalani saat berstatus mahasiswa namun bakal membuat kamu lebih profesional setelah wisuda :

1. Jadi Guru Privat

Menurut sebuah penelitian di sebuah situs ekonomi dan bisnis, Guru Privat adalah salah satu pekerjaan paruh waktu yang cukup banyak dipilih mahasiswa untuk mengisi waktu sekaligus menambah pemasukan setiap bulan. 

Menjadi Guru Privat secara otomatis jadwal untuk mengajar akan menyesuaikan dengan permintaan siswa. 

Namun bisa juga berkompromi hari apa saja yang kamu bisa datang untuk memberikan bimbingan sebagai guru privat.

Untuk menjadi seorang guru privat kamu nggak perlu untuk mahir semua mata pelajaran. 

Karena biasanya murid hanya memerlukan bimbingan beberapa mata pelajaran yang penting saja. 

Biasanya kendala yang akan kamu temui ketika ingin menjadi seorang guru privat adalah bagaimana menemukan murid yang ingin menggunakan jasa kamu sebagai guru privatnya.

Solusi paling mudah adalah kamu dapat mencari lembaga bimbingan belajar baik online maupun offline yang mempunyai layanan service guru privat. 

Jika kamu dapat bergabung di tim salah satu bimbel yang menyediakan layanan service guru privat, kamu akan sangat terbantu untuk menemukan murid privat. 

Jika kamu memerlukan referensi untuk menemukan bimbingan belajar yang menawarkan layanan guru privat, kamu bisa searching di google dengan kata kunci guru privat. 

Di situ kamu akan menemukan banyak sekali referensi bimbel yang membuka kesempatan untuk kamu bergabung.

2.  Freelance Digital Marketing

Saat ini perkembangan teknologi digital semakin pesat, yang menyebabkan setiap perusahaan bahkan UKM yang sedang berkembang berlomba-lomba untuk masuk ke ranah digital marketing. 

Peluang inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk nambah pemasukan tiap bulan.

Mengelola digital marketing sebenarnya tidak terlalu susah buat kamu yang memang suka “mainan” digital media. 

Banyak posisi yang cukup asik yang bisa kamu pilih untuk bekerja di bidang tersebut. 

Mulai dari social media officer, social media analys, digital strategist, blog strategist dan masih banyak lagi. 

Pastinya posisi-posisi tersebut tidak mewajibkan kamu untuk tiap hari masuk kantor dan bisa dikerjakan dari mana pun yang penting koneksi internet-nya kencang.

3.  Freelance Content writer

Nah..ini buat kamu yang hobi nulis. 

Sekarang cukup banyak perusahaan yang membutuhkan posisi content writer, baik itu yang full time maupun part time. 

Bahkan kamu juga bisa lebih memilih menjadi freelance content writer. 

Freelance content writer akan lebih terasa santai karena kamu tidak terikat dengan kontrak yang setiap hari mewajibkan kamu untuk ngantor. 

Selain itu asiknya jadi freelance content writer, kamu bisa dapetin banyak produk-produk keren secara gratis.

Cara cukup kamu mempunyai blog atau website pribadi yang kece dan banyak visitornya, maka pemilik brand yang akan menghubungi kamu. 

Asikk kan…

4. Gabung di EO sebagai Volunteer
Bila kamu suka dengan berbagai event, kamu bisa bergabung sebagai volunteer di berbagai event menarik. Benefitnya kamu tidak hanya dapat  fee yang bagus di setiap event, namun juga mendapatkan banyak link networking baru dan pengalaman handle berbagai event.

Semakin sering kamu handle event baik di dalam kampus maupun di luar kampus, lingkungan sekitar kamu akan semakin percaya bahwa kamu salah satu profesional yang dibutuhkan untuk kesuksesan sebuah event.

5.  Freelance Fotografer
Fotografi jangan cuma kamu jadiin sebagai hobi saja. Sebab kini fotografi udah jadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan untuk kalangan anak muda. Sudah banyak bukti dari banyak anak muda sukses berbisnis yang berawal dari hobi fotografi. Dipercaya sebagai fotografer profesional bisa kamu mulai sejak masa kuliah dengan menjadi freelance fotografer. Semakin banyak kamu menerima permintaan untuk memotret disitulah kamu semakin mengasah kemampuan kamu dan memperbanyak link klien. Ketika selesai kuliah pun skill fotografi kamu tetap akan banyak dibutuhkan oleh setiap orang dan kamu akan semakin mudah memasang harga yang pantas untuk skill profesional kamu.

Kelima referensi pekerjaan tadi bisa kamu pilih dan praktekan sejak mahasiswa. Cukup memilih yang sesuai dengan passion dan maksimalkan kemampuan kamu dibidang tersebut. Ketika kamu memaksimalkan kemampuan dibidang tersebut, kamu tidak perlu khawatir ketika selesai wisuda. Link networking yang banyak dan kepercayaan akan skill profesional yang telah kamu miliki tentu akan sangat membantu kamu untuk karir profesional kamu di masa depan.(kabarkampus.com)


Semoga Postingan ini bermanfaat buat teman-teman, jangan lupa share agar banyak teman-teman yang lain tahu informasi ini.