Unmuha Menyelenggarakan Seminar Strategi membangun Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dikalangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) menyelenggarakan Seminar Nasional Strategi membangun Perguruan Tinggi Muhammadiyah di kampus Unmuha 11/2.


Pemakalah seminar tersebut yaitu Prof. Dr. H. Azyumardi Azra MA CBE (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Prof. Dr. H. Alyasa’ Abubakar MA (Guru Besar UIN Ar-Raniry Banda Aceh) dengan materi Strategi Membangun PTM Unggul dan Roadmap PTM Menuju Keunggulan.

Seminar tersebut dihadiri oleh Ketua BPH Unmuha, Rektor beserta Pimpinan Universitas, Kepala Biro, Dekan beserta pimpinan Fakultas dalam lingkungan Unmuha, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa Unmuha.

Dalam memajukan PTM sudah seharusnya pengelola untuk merubah paradigma lama ke paradigma baru, paradigma yang dimaksud adalah 1. PTM Yang Sehat Adalah PT Yang Menerapkan Manajemen Profesional Dengan Menggunakan Ukuran Efisiensi Dan Efektifitas; 2. PTM yang sehat adalah PTA yang menerapkan prinsip-prinsip good governance ataupun good corporate governance; 3. Mengelola seluruh aset/kekayaan PTM; secara optimal memanfaatkannya untuk kepentingan ptm dan persyarikatan; 4. Memprioritaskan Pembinaan Tenaga Kependidikan, Mahasiswa Dan Staf Administrasi; 5. Memiliki Rencana Strategis (Renstra) Dengan Sasaran Dan Tujuan Yang Hendak Dicapai Dalam Jangka Waktu Tertentu Dengan Menggunakan Analisis SWOT; 6. Menyusun Rencana Kerja Dan Anggaran Tahunan Yang Konsisten Dengan Renstra. Berikut petikan materi yang disampaikan oleh Prof. Azyumardi Azra.

Sementara itu Dr. Muharrir Asy’ari M.Ag (Rektor Unmuha) dalam sambutanya berharap agar seminar ini memberi dampak dan manfaat positif kepada Unmuha khususnya dan PTM yang ada di Aceh pada umumnya, rektor juga menyampaian banyak terima kasih kepada pemateri yang sudah meluangkan waktu untuk menjadi pembicara pada acara yang penting ini.


Acara dilanjutkan dengan dialog antara peserta dan pemateri dan diakhiri dengan penyerahan cinderamata, piagam penghargaan dan foto bersama.


sumber: unmuha.ac.id