Mahasiswa UIN Ar-Raniry Dirikan Perpustakaan Gampong

AR-RANIRY, Sejumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry yang sedang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Gampong Krueng Ceh, Kecamatan Seunagan, Nagan Raya, Kamis, 16 Juni 2016 merintis pembentukan Pustaka Gampong di akhir kegiatan mereka. Pustaka Gampong tersebut bernama “Taman Baca Ar-Raniry” Gampong Krueng Ceh.

Taman Baca tersebut di resmikan langsung oleh Tgk.Adnan, Geuchik Gampong Krueng Ceh yang juga di saksikan oleh Tokoh masyarakat dan semua warga gampong. Penamaan Ar-Raniry merupakan nisbah kepada kampus UIN Ar-Raniry yang merupakan lembaga asal mahasiswa dan sebagai upaya mengabadikan nama almamater UIN di manapun mereka berada.

"Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari semua mahasiswa UIN yang mengabdi di Gampong Krueng Ceh. Pengumpulan buku serta pembentukan taman baca tersebut telah di mulai sejak pertama kali kami di tempatkan ke nagan raya, yaitu mulai tanggal 03 Mei s/d 16 Juni 2016", kata Ade Pratiwi  yang merupakan salah satu peserta KPM Reguler kepada Ar-Raniry.ac.id, Jum'at (17/6).

Menurut Ade, adapun donasi buku untuk pembentukan taman baca tersebut merupakan sumbangan langsung dari mahasiswa KPM dan juga dari beberapa lembaga, termasuk yang masih dalam tahap tunggu yaitu dari Puswil Aceh.

Sementara itu, Geuchik Gampong Krueng Ceh, Tgk. Adnan sangat berterima kasih atas penempatan mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) UIN Ar-Raniry di Gampong yang dia pimpin.

Ia menilai Kedatangan mahasiswa UIN Ar-Raniry ke Gampong Krueng Ceh, Kecamatan Seunagan, Nagan Raya sangat membantu masyarakat dalam  berbagai hal, terutama dalam membina masyarakat baik dalam segi sosial, agama maupun pendidikan.

"Alhamdulillah perintisan TPQ Inti Darul Faizin berbasis tahfidh yang merupakan salah satu program inti KPM Reguler I  juga telah rampung dan sukses, ini berkat kerjasama dan niat ikhlas anak-anak kami para peserta KPM UIN Ar-Raniry yang telah menorehkan sejumlah nilai pengabdian yang menjadi jariyah masa depan", kata Adnan.

Muhammad Iqbal peserta KPM Gampong Krueng Ceh yang juga selaku wakil ketua KPM UIN Ar-Raniry kecamatan seunagan mengucapkan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh Masyarakat, Ulama maupun Umara yang telah mampu menerima kami dengan sangat baik, dan semoga hubungan kekeluargaan ini dapat terus terjalin nantinya walaupun kami telah kembali ke daerah masing-masing. (ar-raniry.ac.id)