Teknik Mesin Unsyiah Ikut Kompetisi Mobil Listrik

Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, berhasil merancang mobil hemat energi dengan tenaga listrik. Mobil tersebut akan diikutkan pada kompetesi mobil hemat energi di Universitas Brawijaya Malang pada 21-25 Oktober mendatang.

Ketua Tim, Reza Al Furqan kepada Serambi, Jumat (25/9) mengatakan saat ini mobil listrik tersebut masih dalam tahap perangkaian akhir di Labotarium Desain Manufaktur Teknik Mesin, untuk mengikuti kompetisi yamg digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidkan Tinggi (Dirjen Dikti).

Mobil itu diberi nama “Malem Diwa 10” oleh Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, sesuai dengan nama timnya, Malem Diwa. Menurut Reza, Teknik Mesin sudah mulai merancang mulai listrik sejak beberapa waktu lalu, namun belum pernah diikut kompetisi. “Ini pertama kalinya Unsyiah mengikuti kompetisi mobil hemat energi, semoga menjadi terobosan bagi Unsyiah,” ujarnya.

Dalam kompetisi itu, diperlombakan lima kategori mobil hemat energi, namun Unsyiah hanya mengikuti kategori tenaga listrik. Rencananya sebelum berangkat ke malang, mobil itu akan diperkenal ke publik pada 6 Oktober mendatang.

Perancang mobil tersebut beranggotakan sembilan orang mahasiswa yakni Reza Al Furqan (Ketua), M Ari Azhar (Manajer), Mardhatillah, Saiful Hadiyullah, T Danilsyah, Yusuf Zaini, Mursalin, Wahyu, Al Furqan. Serta dosen pembimbing, Dr Iskandar.





Sumber: aceh.tribunnews.com